WOLFSBURG – VfL Wolfsburg menjadi juara DFB-Supercup 2015 setelah menjungkalkan Bayern Munich 5-4 melalui babak adu penalti, Minggu (2/8/2015) dini hari WIB. Pertandingan yang dihelat di Volkswagen Arena tersebut sejatinya hampir sepenuhnya milik Bayern.
Babak pertama, Raksasa Bavaria unggul dalam hal penguasaan bola. Namun, Wolfsburg lebih banyak menciptakan tembakan ke arah gawang Bayern meski tak satu pun menembus gawang Neuer. Arjen Robben pun menjadi pembuka keunggulan Bayern di babak kedua.
Bayern selangkah lagi menggenggam trofi, namun semuanya buyar ketika pada menit 89 Nicklas Bendtner menyamakan kedudukan melalui hasil kerja samanya dengan Kevin De Bruyne. Di adu tos-tosan, Xabi Alonso gagal melaksanakan tugasnya dengan baik, sebaliknya Die Wolfe tanpa cacat di babak ini.
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Menit-menit awal Wolfsburg coba menekan pertahanan Bayern Munich. Namun, para pemain Die Wolfe tak memberikan ancaman berarti. Sebaliknya untuk Raksasa Bavaria, menit awal mereka sudah memberikan ancaman.
Berawal dari pergerakan pemain anyar mereka, Douglas Costa, yang menyisir sisi kanan pertahanan Wolfsburg. Bermaksud untuk melepaskan umpan ke kotak penalti, sepakannya dipotong oleh Naldo. Bola rebound lalu disambar oleh Xabi Alonso. Sayang si kulit bundar melebar.
Menit kedelapan Munich kembali mendapatkan kesempatan emas. Berawal dari sepak pojok, Thiago yang menerima bola memberikan umpan kepada Boateng. Bola disambar namun masih mengenai mistar gawang.
Wolfsburg masih mencoba untuk menguasai ritme pertandingan yang dalam 20 menit terakhir menjadi milik Philip Lahm dan kolega. Meski bertindak sebagai tuan rumah, Die Wolfe belum bisa memberikan ancaman kepada Manuel Neuer.
Perisic! Peluang emas untuk Wolfsburg datang pada menit 22. Berawal dari Kevin De Bruyne yang melebar di sisi kanan. Alih-alih memberikan umpan kepada Dost yang menyelinap ke kotak penalti, Bruyne memberikan bola ke Perisic yang langsung disambar dengan tendangan voli. Sayang bola masih bisa di tangkap Neuer dengan baik.
Selang dua menit, Perisic kembali mengancam melalui sepakannya. Kesalahan umpan Xabi Alonso dimanfaatkan oleh De Bruyne yang melepas tembakan. Bola mengenai Rodriguez jatuh di kaki Perisic. Namun, sepakan pemain Kroasia ini masih melebar dari target.
Hingga babak pertama berakhir, skor masih sama kuat 0-0. Munich menguasai penguasaan bola dengan 55 persen berbanding 45 persen. Namun total tembakanDie Wolfe masih lebih unggul dibanding Bavarians. De Bruyne dan kolega menciptakan empat kali tembakan sementara pasukan Pep Gaurdiola hanya dua.
Babak Kedua
Hanya selang empat menit babak kedua dimulai Bayern berhasil memecah kebuntuan. Pemain asal Belanda, Arjen Robben, mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari operan Costa yang mengarah ke Lewandowski, pemain Polandia lantas memberi umpan ke Robben yang langsung melepaskan tembakan voli dari jarak dekat. Skor 1-0 menjadi milik Bayern.
Menit 53 Wolfsburg baru memberi respons. Kevin De Bruyne hampir saja menyamakan kedudukan andai sundulannya tidak ditepis oleh kiper Bayern, Manuel Neuer. Gawang Raksasa Bavaria masih aman sejauh ini.
Hingga menit ke 60 Die Wolfe masih belum bisa menyamakan kedudukan kendati mendapatkan beberapa peluang di antaranya dari Bas Dost. Kegemilangan Neuer mementahkan peluang juga patut di acungi jempol.
Gelandang baru Die Roten, Arturo Vidal, memulai debutnya dengan seragam Bayern pada menit 74. Pemain yang musim lalu membawa Juventus menjadi kampiun Serie A tersebut menggantikan Thiago Alcantara.
Vierinha membuat seisi Volkswagen Arena menahan nafas ketika sepakan jarak jauhnya hampir saja merobek jala Neuer pada menit 80. Berawal dari umpan silang De Bruyne, ia mengontrol bola dengan baik dan melepaskan tembakan mendatar cukup keras. Namun Neuer dengan tepat membaca arah bola dan menyelamatkan gawang Bayern dari kebobolan.
Gol yang ditunggu datang untuk Wolfsburg! Pada menit 89 mantan pemain Arsenal, Nicklas Bendtner menyamakan kedudukan memanfaatkan kecerdikan De Bruyne yang menemukannya di kotak penalti. Skor 1-1 dan pertandingan berlanjut ke babak tos-tosan!
Babak Penalti
Bayern mengawali penalti dengan baik setelah Vidal berhasil membobol gawang Casteel dengan mulus. Namun petaka terjadi di penendang kedua yaitu Alonso. Mantan pemain Liverpool itu gagal mengonversi sepakannya menjadi gol setelah tembakannya terbaca Casteels. Tiga penendang selanjutnya, Robben, Lahm, dan Costa melakukan tugasnya dengan baik
Sebaliknya, nasib baik berpihak kepada Wolfsburg. Lima penendangnya, Rodriguez, De Bruyne, Schurrle, Kruse, dan Bendtner dengan mulus mengeksekusi penalti. Wolfsburg menang dengan skor 5-4 dan memastikan gelar DFB-Supercup 2015.
Susunan Pemain:
Bayern Munchen (3-4-3): Neuer; Boateng, Benatia, Alaba; Lahm, Alonso, Thiago (Arturo Vidal 74’), Douglas Costa; Robben, Muller (Gotze 84’), Lewandowski (Rafinha 72’).
Wolfsburg (4-2-3-1): Casteels; Vieirinha, Naldo, Klose, Rodriguez; Guilavogui, Arnold; Caligiuri (Schurrle 63’), De Bruyne, Perisic (Kruse 70’); Dost (Bendtner 70’).
(Okz/fmh)

Posting Komentar

 
Top