APAKAH Anda punya balita tapi dia sudah mulai berkata bohong? Jangan langsung mengecapnya sebagai anak nakal.
 
Anak-anak cenderung mulai berbohong di usia muda terutama karena mereka memiliki imajinasi yang aktif dan sering tenggelam dalam fantasi sendiri. Inilah alasan lain mengapa anak berbohong.
Pertama, balita mungkin tidak tahu perbedaan antara mengatakan kebenaran dan berbohong. Hal ini tidak berbahaya, tapi orangtua tetap harus memonitor terutama menjelang usia masuk sekolah.
Kedua, setelah anak duduk di bangku sekolah, ia terpapar lingkungan baru dan bertemu banyak teman baru. Anak-anak berbohong untuk menyembunyikan hal-hal yang mereka pikir salah. Si kecil melakukannya karena mereka takut konsekuensi saat ketahuan bersalah.
Ketiga, perilaku berbohong juga sering dikaitkan dalam rangka mencari perhatian di antara anak-anak yang merasa diabaikan. Memberikan perhatian, kasih sayang, dan mengatakan bahwa Anda memercayai mereka akan membantu si kecil menyingkirkan kebiasaan ini.
Keempat, berbohong juga disebabkan karena si kecil merasa rendah diri dan tidak aman dengan lingkungannya. Demikian dilansir dari Timesofindia, Jumat (31/7/2015).
(Okz/vin)

Posting Komentar

 
Top