Jejaring media sosial, khususnya di antara pecinta alam, sempat dihebohkan dengan foto kondisi Gunung Rinjani yang dipenuhi sampah pendaki. kebanyakan mengecam sikap pendaki yang mengabaikan faktor kebersihan Rinjani.
 
Pendaki Rinjani dikecam karena tidak membawa turun sampah. Padahal imbauan untuk membawa turun sampah terpampang jelas di pintu masuk jalur pendakian.

Kali ini aksi pendaki bule membuat heboh. Beredar foto di jejaring sosial yang memperlihatkan delapan orang pendaki asing bersih-bersih Gunung Rinjani. Foto-foto yang diunggah di akun facebook green-books seolah menohok sikap pendaki Rinjani yang tak peduli sampah di gunung berketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Aksi mereka pun dipuji. Ada yang berterima kasih karena mereka ikut menjaga kebersihan dan keindahan Rinjani, ada yang mengakui aksi mereka telah membuka mata pendaki lain untuk melakukan hal sama.

"Kita mesti punya rasa malu sama orang asing," komentar salah satu netizen.

"Perilaku yang patut dicontoh. Terima kasih bule."
Ada pula yang mengatakan, "Mereka lebih Indonesia daripada kita. Itu harusnya membuat pendaki malu buang sampah sembarangan.

Beberapa pendaki lebih membudayakan selfie daripada menjaga alamnya."




Posting Komentar

 
Top