JAKARTA - Berwisata ke Pelabuhan Sunda Kelapa, Anda tak akan lagi menemukan jasa wisata sampan. Sebab, nasibnya tinggal kenangan.
 
Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi salah satu obyek wisata yang berada di sisi Utara Jakarta. Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan bagian dari Kawasan Kota Tua Jakarta yang memiliki nilai sejarah.



Selain bisa melihat proses bongkar muat yang masih tradisional di Pelabuhan Sunda Kelapa, Anda tentu bisa merasakan nikmatnya wisata sampan untuk berkeliling melintasi kapal-kapal kayu yang sedang bersandar.
"Turis yang datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa bisa menikmati jasa wisata sampan, tapi semuanya tinggal kenangan karena wisata sampan tak ada lagi," ucap Mansyur, Ketua Sunda Kelapa Heritage di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, baru-baru ini.


Minimnya turis yang datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa membuat jasa wisata sampan perlahan mulai menghilang satu per satu.

"Jika Pelabuhan Sunda Kelapa tak segera dibenahi maka perlahan turis tidak akan bisa lagi melihat keindahan nilai sejarah di Pelabuhan Sunda Kelapa," tambahnya.

Diakui Mansyur, padahal dulu Pelabuhan Sunda Kelapa dinikmati turis asing maupun lokal yang berwisata ke Jakarta.


"Beda sekali sama dulu di tahun 90an. Kapal-kapal kayu masih banyak, jasa wisata sampan pun juga banyak tapi sekarang kondisi toilet parah, tidak ada tempat teduh, penjaja makanan juga tidak ada otomatis membuat turis lokal maupun asing sudah tidak mau datang lagi," paparnya.

Hal serupa diakui Sutino, jasa wisata sampan mengaku harus menyudahi pekerjaannya sebagai jasa wisata sampan karena sudah jarang turis yang datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa.



"Kalau turisnya banyak kita sebagai jasa wisata sampan pasti akan terus ada, tapi yang datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa turis bisa dihitung pakai jari saja. 

Saya berharap Pelabuhan Sunda Kelapa diperbagus agar jasa wisata sampan terus ada," tutupnya
(Okz/jjs/sw)

Posting Komentar

 
Top