BALI - Ikan mola-mola sulit dijumpai. Jika ingin melihat ikan Mola-mola, bisa menyelam di Bali.
 
Indonesia memiliki daerah perairan dengan taman bawah laut yang indah. Tak sekedar itu, Indonesia memiliki sisi keindahan dari taman bawah laut.
 
“Indonesia enggak sekedar pemandangannya yang bagus. Tapi beragam, seperti sekarang ini musimnya sunfish atau Mola-mola di Bali di Nusa Penida,” terang Riyanni Djangkaru kepada Okezone di Cikini, Jakarta Pusat baru-baru ini.
 
Saat ini musim arus dingin naik di lautan. Ini merupakan momen naiknya Mola-mola ke permukaan laut untuk membuang parasit yang menempel pada tubuh mereka. Ikan yang bentuk tubuhnya menyerupai batu sangat membenci parasit, sehingga naik ke permukaan untuk menghilangkannya dengan berbagai cara.
 
Padahal, biasanya ikan mola-mola hidup di kedalaman 100 meter dan jarang keluar, kecuali untuk membuang parasitnya.
 
“Mola-mola itu jenis ikan di kedalaman 100 meter. Biasanya orang suka ketemu ketika Mola-mola naik ke atas untuk membuang parasit-parasit yang menempel di tubuhnya,” ujar Riyanni.
 
Selain itu, Riyanni mengatakan Bali merupakan salah satu daerah favorit mola-mola untuk membuang parasitnya. Sebab, ikan-ikan dan terumbu karang yang ada di daerah ini akan memakan parasit yang menempel pada tubuhnya.
 
Nah, untuk bisa melihat Mola-mola, ini saatnya terbang ke Bali dan menyelam di sana. Anda juga bisa sekaligus menyaksikan Lumba-lumba dan Paus yang memang hidup di perairan Bali. “Kalau mau lihat, bisa ke Bali. Bali juga termasuk dilewati Lumba-lumba sama Paus,” tutup Riyanni.
(Okz/jjs/sw)

Posting Komentar

 
Top