NEW DELHI – Sebanyak 111 penumpang di pesawat komersial Jet Airways yang hendak terbang dari Kota Leh menuju New Delhi, India, nyaris tidak bisa bernapas karena kecerobohan pilot. Pilot pesawat itu teledor, dan gagal menghidupkan unit daya tambahan (APU) sehingga tekanan udara di kabin pesawat mengalami penurunan.

Pilot pesawat itu kini sedang diselidiki Direktorat Jenderal Perhubungan Udara wilayah India. Otoritas berwenang menyatakan, akan ada tindakan keras sesuai regulasi penerbangan sipil atas kejadian itu.

Insiden itu terjadi pada tanggal 7 Juli 2015, ketika Pesawat Jet Airways dengan nomor penerbangan 9W 2369 dari Kota Leh sedang bersiap-siap untuk terbang ke New Delhi.

Berdasarkan laporan New Straits Times, Minggu (12/7/2015), pilot diduga lupa untuk menghidupkan APU. Sebuah prosedur yang wajib dalam mengoperasikan penerbangan.

Akibat kelalaian sang pilot, kru pesawat langsung menyebarkan masker oksigen untuk para penumpang. Pihak Maskapai Jet Airways menolak mengomentari penyelidikan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terhadap pilot mereka, ketika diminta konfirmasi.

”Masalah saat ini sedang diselidiki Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Sesuai prosedur standar, kru pesawat (yang tidak melakukan tugas terbang) memfasilitasi penyelidikan,” demikian pernyataan pihak Maskapai Jet Airways.

APU dipasang dalam operasional dua mesin pesawat yang jadi perangkat penting. APU memasok listrik cadangan dan udara ketika mesin mengalami engine failed atau mati.
(Okz/ful/sw)

Posting Komentar

 
Top