Liputan6.com, Singapura - Semifinal SEA Games 2015 bakal mempertemukan Thailand dan Indonesia pada Sabtu (13/6/2015). Tim Merah Putih harus waspada pada laga ini, karena lawan yang akan dihadapi adalah 'raksasa' di cabang sepak bola SEA Games.
Thailand sudah meraih total 14 emas di ajang SEA Games. Berbanding jauh dengan Indonesia yang baru meraih dua emas di ajang tersebut (1987 dan 1991).
Performa Thailand di fase grup SEA Games 2015 juga cukup mentereng. Mereka berhasil memenangkan seluruh laga di fase grup menghadapi Vietnam, Malaysia, Laos, Timor Leste, dan Brunei Darusallam.
Sedangkan Indonesia harus menelan kekalahan pada laga pembuka fase grup A menghadapi Myanmar. Skuat asuhan Aji Santoso itu tumbang 2-4. Namun berhasil menyapu bersih sisa laga melawan Kamboja, Filipina, dan Singapura.
Kilas balik ke belakang, pertemuan Indonesia vs Thailand sudah sering terjadi di SEA Games. Tapi secara keseluruhan, tidak dapat dipungkiri bila rekor pertemuan Tim Negeri Gajah Putih lebih baik dari tim Garuda.
Sepanjang SEA Games bergulir, Indonesia menelan 12 kekalahan sekali menang dan 5 kali imbang. Ini menjadi pertemuan ke-19 Indonesia vs Thailand di semifinal SEA Games 2015.
Sejak SEA Games berformat pemain Timnas U-23, duel Indonesia vs Thailand sudah terjadi pada tahun 2001 dan 2005. Dalam dua pertemuan tersebut, Thailand sukses mengalahkan Indonesia.
Meski Thailand berada di atas angin,  pelatih Aji Santoso menolak memarkir bus di area pertahanan. "Terlalu riskan jika kami terus bermain bertahan. Itu membuat lawan justru memiliki banyak peluang," kata dia.
(liputan6)

Posting Komentar

 
Top