JAKARTA - Sudah enggak zamannya lagi minder karena pilihan sekolah. Bahkan, siswa SMK yang dulu dianggap kelas dua pun sudah percaya diri alias pede.

Salah satu alasannya, pendidikan di SMK melatih para siswanya dengan berbagai keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja. "Kalau dari pengalaman mengikuti workshop, perusahaan bilang bahwa mereka salut dengan anak SMK. Nah, kalau mereka saja sudah salut, kita pun harus yakin," ungkap Siswi SMK Farmasi Ditkesad, Vira Noviana kepada Okezone belum lama ini.

Berbekal hal itu, Vira pun meyakini dia bisa tampil lebih baik meski banyak saingan. Apalagi sejak memilih sekolah gadis berjilbab itu sudah mengetahui kualitas SMK pilihannya.

"Ada jaminan para siswanya bisa dapat kerja usai lulus. Misalnya, siswa jurusan Farmasi bisa bekerja di apotek," kata gadis yang bercita-cita menjadi dokter itu.

Sementara itu, Siswi SMK Informatika Bintaro, Afifah Endah Yulistia menyatakan, sebagai sekolah kejuruan, SMK memberikan berbagai skill kepada siswanya. Jadi, kata Evi, siswa SMK tidak perlu merasa minder.

"Aku sendiri memang niat masuk SMK, jadi pede aja," imbuhnya.
Meski masih menempuh studi, Afifah sudah merencanakan masa depannya. Dia mengaku, akan bekerja sambil kuliah.
"Kuliah akan memberi saya mendapat kesempatan kerja yang lebih baik," tutur Afifah.

Kuliah juga menjadi impian Anita Fajriani. Bahkan, siswi SMKN 6 Jakarta itu sekarang giat belajar.

"Jadi nanti saya enggak kesulitan menjalani perkuliahan," ujarnya.
(Okezone.com)

Posting Komentar

 
Top