CALIFORNIA - Kamera pengintai masa depan mampu mengambil energi atau daya listrik dari sinyal WiFi di rumah. Peneliti bekerja di University of Washington untuk merealisasikan teknologi perangkat tersebut.

Dilansir Ispreview, Senin (8/6/2015), peneliti bekerja untuk menciptakan teknologi penghasil energi menggunakan sinyal dari perangkat WiFi rumahan yang beroperasi di pita spektrum radio 2.4GHz. Dengan demikian, teknologi ini nantinya bisa diterpakan pada kamera kecil atau kamera pengintai.

Teknologi ini dikatakan bukan sebuah teknologi baru. Sebuah sistem PoWiFi menjadi yang pertama didemonstrasikan untuk dihubungkan dengan sinyal dari hardware WiFi yang telah ada.

Untuk mendukung proyek pengembangan teknologi ini, beberapa perangkat kecil dikembangkan untuk menguji sebuah sistem, termasuk perangkat 'battery free camera', sensor temperatur dan dua alat pengisi daya baterai.

Dalam laporannya, tim tidak dapat mencapai voltase minimal 300mV, yang diperlukan untuk mengoperasikan hardware. Namun, peneliti membuat solusi dengan memodifikasi transmisi WiFi untuk menyiarkan sinyal berkelanjutan, bahkan ketika tidak ada banyak data yang dikirim.

Demonstrasi yang dibuat peneliti didesain agar jangan sampai menyebabkan penurunan performa pada jaringan WiFi rumah. Sistem PoWiFi dapat memanen listrik dari beberapa saluran WiFi 2.4GHz dan penelitian menunjukkan bahwa teknologi ini bisa menggabungkan beberapa 'ISM band' seperti 900MHz, 2.4GHz dan 5GHz untuk mengoptimalkan sistem dan memberikan lebih banyak daya.

(okezone)

Posting Komentar

 
Top