JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh operator jalan tol menurunkan besaran berkisar antara 25 persen sampai 35 persen pada H-10 dan H+5 Lebaran 2015.

Hal itu diungkapkannya saat meresmikan jalan tol Gempol–Pandaan, di Pandaan, Provinsi Jawa Timur. Dia mengatakan, jalan tol tersebut akan memberikan andil yang cukup signifikan dalam melayani pergerakan manusia, barang dan jasa khususnya di wilayah Jawa Timur dan pada akhirnya di Pulau Jawa secara keseluruhan.

Melansir PU.go.id, Jokowi melanjutkan, setiap pembangunan infrastruktur tidak harus menunggu pembebasan lahan selesai 100 persen baru dimulai konstruksinya. Pada kesempatan tersebut juga Presiden mengumumkan akan membebaskan tariff tol khusus roda dua di jembatan Suramadu, sekaligus juga memerintahkan untuk menurunkan semua tariff tol sebesar 25-35 persen pada H-10 dan H+5 Lebaran 2015.

"Mulai 13 Juni pukul 00.00 akan digratiskan tarif tol jembatan Suramadu khusus motor, dan sebagai bonus akan turunkan tarif tol antara 25-35 persen pada H-10 dan H+5 lebaran," kata Jokowi, Jumat (12/6/2015).

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa jaringan jalan tol Gempol-Pandaan dibangun untuk mendukung Jaringan Jalan Wilayah Metropolitan Surabaya.

"Hal tersebut guna meningkatkan kelancaran mobilitas dari wilayah Pandaan dan sekitarnya yang merupakan salah satu kawasan industri di selatan Kota Surabaya (Kabupaten Pasuruan). Jalan tol ini juga berkontribusi dalam mengatasi kemacetan yang terjadi di ruas jalan eksisting Surabaya-Malang," tambah Basuki.

Basuki melanjutkan bahwa ruas jalan tol Gempol–Pandaan merupakan konektor jaringan jalan tol trans jawa dengan wilayah bagian selatan dan bagian timur pulau Jawa. Diharapkan potensi ekonomi, termasuk pariwisata, di Provinsi Jawa Timur semakin berkembang seiring dengan peningkatan aksesibilitas menuju Kota Surabaya sebagai pusat ekonomi.

Kami laporkan bahwa Ruas Jalan Tol Gempol-Pandaan yang diresmikan hari ini dengan panjang 12,05 km untuk Tahap I, dari rencana keseluruhan sepanjang 13,61 km
(okezone)

Posting Komentar

 
Top