Surabaya -Sekitar 2.920 industri kreatif di Surabaya yang rata rata sudah bisa memenuhi kebutuhan pasar nasional, dan di antaranya sudah melakukan ekspor.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengaku akan terus mencari dan membimbing kelompok maupun perseorang yang bergerak di industri kreatif.

"Untuk modal kita tidak khawatir. Banyak pihak swasta yang membantu dan menyediakan modal untuk mereka," kata Risma, saat berbincang bincang dengan detikFinance, di ruang kerjanya di Balai Kota Surabaya, Rabu (27/5/2015).

Ia menyebut, pelaku industri kreatif di Surabaya yang paling banyak memenuhi kebutuhan nasional bergerak dalam bidang fashion, dengan produk di antaranya busana muslim, hijab, hingga pernak pernik kerajinan daur ulang.

Risma mengatakan, saat ini sudah ada ribuan kelompok industri kreatif di wilayah. Tiap kelompok beranggotakan 80 orang. Saat ini sudah ada 6 kelompok industri kreatif Surabaya yang merambah pasar ekspor.

"Sudah ada yang ekspor ke Timur Tengah. Yang paling laku saat ini adalah dari eceng gondok yang bergerak di bidang furnitur, mulai meja, kursi, lemari serta fesyen, seperti tas anyaman," ungkap Risma.

Untuk tetap menjaga mutu produksi industri kreatif, lanjut Risma, pelaku industri kreatif selalu berbagi sesama kelompok, sehingga mereka berjalan beriringan dan saling memberikan masukan.

"Kita melalui dinas maupun kelompok industri kreatif saling memberikan masukan mencari peluang produk apa yang paling berpeluang di pasaran sehingga akan terus update," pungkas dia.

Mau bertemu Risma? Wali Kota ini bakal menjadi salah satu pembicara utama dalam acara d'Preneur Spesial yang digelar detik.com di Dyandra Convention Center, Surabaya, pada 14 Juni 2015. Selain Risma, pengusaha Chairul Tanjung juga menjadi pembicara utama gelaran d'Preneur.

Acara d'Preneur merupakan ajang rutin yang dilakukan detik.com. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa wirausaha dan belajar langsung dari pengusaha sukses. Sehingga masyarakat bisa mengerti dan belajar soal pentingnya menjadi wirausaha.


Sumber : Okezone.com

Posting Komentar

 
Top