ISLAMABAD - Menyusul diblokirnya Facebook, YouTube, dan memperketat akses ke Wikipedia, pemerintah Pakistan kembali memblokir 800 halaman situs dan URL yang dianggap berisi konten penghinaan.

Langkah ini dianggap sebagai bentuk protes terhadap dunia internet karena membiarkan konten penghinaan terhadap agama tertentu. Hal ini dipicu adanya konten penghinaan Nabi Muhammad di Facebook. Salah satu fan page di situs jejaring sosial itu menggelar kompetisi online untuk menggambar sketsa Nabi Muhammad. Padahal, hal itu sangat dilarang dalam Islam.



"Setidaknya ada 800 halaman situs dan URL yang telah diblokir, bersamaan dengan permintaan pemerintah yang menginginkan Facebook dan YouTube diblokir," ujar juru bicara Asosiasi Penyedia Layanan Internet di Pakistan Wahaj Siraj, seperti dikutip melalui Nine MSN, Minggu (23/2/2010).



Menurut Siraj, hal ini merupakan bentuk protes 170 juta warga muslim yang mendominasi Pakistan atas fan page bertajuk 'Everybody Draw Mohammed Day'.



Saat ini, fan page tersebut telah menarik sekira 105.000 member dengan ribuan foto karikatur Nabi. Namun fan page tandingan yang diciptakan untuk memboikot gerakan ini memiliki member yang jauh lebih besar.Jangan ketinggalan berita tentang Piala Dunia 2010, hanya di Okezone.com





Pemblokiran internet ini merupakan kedua kalinya yang terjadi di Pakistan. Pada Februari 2008 Pakistan juga sempat memblokir YouTube karena menyebarkan kartun pelecehan terhadap Nabi Muhammad. (srn)






Sumber berita

Posting Komentar

 
Top