VIVAnews - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memenuhi undangan Panitia Seleksi Pimpinan KPK hari ini, Selasa 25 Mei 2010. Pertemuan akan dilakukan di kantor panitia di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, pukul 10.00.



Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, mengatakan pimpinan KPK akan memberikan masukan dalam memilih pimpinan KPK yang baru untuk menggantikan Tumpak Hatorangan Panggabean. "Seperti kriteria-kriteria apa saja yang perlu dimiliki calon pimpinan KPK," kata Johan. "Ada tiga pimpinan yang mungkin hadir," kata Johan, Senin kemarin. "Pertemuan di kantor Pansel Kementerian Hukum dan HAM jam 10."



Tiga pimpinan itu adalah Chandra M Hamzah, M Jasin, dan Haryono Umar. "Pak Bibit mungkin tidak bisa hadir karena sedang di luar kota," kata dia.



Pansel ini dibentuk sebagai tindak lanjut atas ditolaknya Perpu Pimpinan KPK oleh DPR. Penolakan ini membuat jabatan Tumpak Hatorangan Panggabean sebagai Pelaksana Tugas Ketua KPK berakhir.



Meski hanya memilih satu orang pimpinan, dana Pansel mencapai Rp 2,5 miliar. Anggaran akan dialokasikan untuk pengumuman dan operasional panitia, termasuk transportasi, honor, dan pengadaan alat tulis.



Sebelumnya, anggota Pansel, Erry Riyana Hardjapamekas, berharap panitia tidak hanya mencari satu pimpinan. Demi efektifitas dan efisiensi, langsung memilih lima pimpinan sekaligus. Sebab, jabatan pimpinan KPK yang sekarang hanya tersisa sekitar satu tahun lagi. (mt)



• VIVAnews




Sumber berita

Posting Komentar

 
Top