ROMA, KOMPAS.com - Penyerang AS Roma, Mirko Vucinic, mencetak sepasang gol yang menentukan kemenangan timnya 2-1 atas Lazio, dalam duel Serie-A, Minggu (18/4/2010). Roma kini mengoleksi 71 poin dan berhak menguasai puncak klasemen, menggantikan Inter Milan yang cuma punya 70 poin.



Bermain dengan status tim tamu, Roma sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Tommaso Rocchi pada menit ke-14. Saat itu, Rocchi berhasil menjangkau umpan terobosan Cristian Ledesma, dan melesakkan bola ke sudut kiri bawah gawang Julio Sergio.



Gol itu menggugah kesadaran Roma dan mulailah mereka memberikan perlawanan. Namun, Lazio yang tak mau kehilangan muka di depan pendukung sendiri, juga berusaha keras mempertahankan keunggulan itu.



Sikap tak mau kalah membuat pertarungan berlangsung sengit dan alot. Roma nyaris memenangi duel itu ketika bek John Arne Riise melepaskan tendangan akurat pada menit ke-23. Namun, sepakannya berhasil ditepis Fernando Muslera.



Setelah itu, pertandingan kembali berjalan alot dan diwarnai perebutan bola sengit. Berbeda dari sebelumnya, kali ini kedua kubu sama-sama tak mampu keluar dari tekanan dan skor 1-0 untuk Lazio bertahan sampai turun minum.



Di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-48, Lazio berpeluang memperbesar keunggulan dari titik penalti, menyusul pelanggaran Marco Cassetti kepada Aleksandar Kolarov. Untung bagi Roma, eksekusi yang dilakukan Sergio Floccari berhasil digagalkan Julio Sergio.



Penalti itu menandai habisnya keberuntungan Lazio karena di menit-menit selanjutnya, Roma mengambil alih kendali permainan dan mendapat peluang menyamakan kedudukan dari titik putih, menyusul pelanggaran Aleksandar Kolarov kepada Rodrigo Taddei pada menit ke-53.



Vucinic yang dipercaya melakukan eksekusi berhasil menunaikan tugas dengan sempurna. Sepakannya ke sudurt kiri bawah gawang gagal diantisipasi Muslera.



Sepuluh menit berselang, Roma mendapatkan hadiah tendangan bebas, menyusul pelanggaran Andre Dias kepada Jeremy Menez. Vucinic yang dipercaya mengambil hadiah, mengirim bola masuk ke sudut kanan atas gawang Lazio.



Setelah itu, permainan berjalan keras dan cepat. Dalam sejumlah kesempatan, Lazio berhasil meloloskan diri dari pressing Roma dan menebar ancaman ke gawang Julio Sergio. Sayang, belum mampu menyamakan kedudukan, mereka mendapat bencana kartu merah yang diterima Christian Ledesma akibat berkonflik dengan Menez dan Luca Toni.



Roma mencoba memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk mencari gol ketiga. Toh, "Derby della Capitale" tetap berakhir 2-1 untuk keunggulan Roma. (*)



Susunan pemain:

Lazio: 86-Fernando Muslera; 26-Stefan Radu, 28-Guglielmo Stendardo (25-Giuseppe Biava 7), 80-Andre Dias; 11-Aleksandar Kolarov, 5-Stefano Mauri, 24-Cristian Ledesma, 32-Christian Brocchi, 2-Stephan Lichtsteiner (10-Mauro Zarate 65); 20-Sergio Floccari (74-Julio Cruz 74), 9-Tommaso Rocchi

Roma: 27-Julio Sergio; 17-John Arne Riise, 4-Juan, 29-Nicolas Burdisso, 77-Marco Cassetti; 7-David Pizarro; 16-Daniele De Rossi (11-Rodrigo Taddei 45), 10-Francesco Totti (Jeremy Menez 45), 20-Simone Perrotta; 9-Mirko Vucinic (33-Matteo Brighi 82), 30-Luca Toni

  • Kompas

Posting Komentar

 
Top