SHANGHAI, KOMPAS.com - Bila di Malaysia Red Bull finish 1-2, di GP F1 China giliran McLaren membuat formasi sama dalam balapan menempuh 56 lap, Minggu (18/4/2010). Hanya Jenson Button menyentuh garis finish duluan dengan catatan waktu terbaiknya 1 jam 46menit 42,163 detik.



Dengan kemenangannya ini, pebalap asal Inggris itu memuncaki klasemen sementara dengan 60 angka. GP F1 China ini merupakan kemenangan keduanya dari empat seri, setelah yang pertama diraihnya di Australia.



Keberhasilan Button memenangkan rangkaian keempat ini berkat strategi tim di awal lomba. Ketika rintik dan pebalap ramai mengganti ban intermediate, tim memutuskan pebalap Inggris itu tetap dengan ban kering. Alhasil, Button mampu menguasai balapan di awal lomba.



Sementara rekan setimnya, Lewis Hamilton tampil sangat agresif. Dengan ban intermediate membuat posisi melorot. Tapi, dengan semangat dan gaya balapnya yang agresif, ia berhasil menyodok posisi kedua. Meski harus berjuang keras menyusul Nico Rosberg (Mercedes). Tinggal sekarang, hasil investigasi ketika manuvernya di pit sama Vettel, bersih atau salah.



Rosberg sendiri sangat diuntungkan oleh keputusan tim yang tetap dirinya memakai ban kering di awal lomba. meski sempat didesak Alonso, namun Rosberg tampil tenang dan dapat menjaga posisi ketiganya.



Pujian patut diberikan kepada Alonso. Pebalap Ferrari ini berhasil merebut posisi keempat yang merupakan hasil terbaik. Karena, ia sempat menjalankan hukuman drive through penalty karena melakukan jump start membuat posisinya melorot ke barisan tengah.





Jalan Lomba

Jelang Start; Radar di sirkuit memberi informasi kalau 30 menit jelang start diperkirakan turun hujan. Ternyata, gerimis turun saat para pebalap bersiap menuju garis start. Ini jelas mengganggu konsentrasi dan strategi tim.



Felipe Massa berbicara dengan tim melalui radio mengenai ban. Ia menanyakan ban apa yang akan dipakai? Hanya satu pebalap, Lucas di Grassi dari Virgin Racing start dari pit lane dan semua pebalap pakai ban kering.



Saat Start, Alonso melakukan start denngan baik. Namun komentator menyebutkan pebalap Ferrari itu melakukan jump start. bendera kuning berkibar diikuti safety car ke luar setelah kejadian dialami oleh Luizzi yang melintir jelang masuk tikungan dan menghantam Kobayashi dan Buemi.



Pada lap 3, Alonso, Webber, Vettel, Massan dan Schumacher masuk pit ganti ban intermidiate. Tak berapa lama diikuti Hamilton. Sementara Nico Rosberg, Button, dan Kubica masih bertahan dengan ban kering.



Pada lap 5, race director mengumumkan mobil nomor 8 (Alonso) dinyatakan jump start. Schumi masuk pit.



Pada lap 6, Hamilton dan Vettel berebut masuk pit dan hampit senggolan. Keduanya ganti ban kering. Vettel berhasil ke luar pit lebih dahulu. dan posisi terdepan masih dipegang oleh Nico Rosberg dan Jenson Button yang tetap pakai ban kering.



Pada lap 8, Balapan mirip kejadian 1993 di Donington Park, di mana para pebalap terus melakukan penggantian ban berulang kali.



Pada lap 10, Pedro de la Rosa dari tim Sauber yang sudah menduduki posisi ke-4, mundur karena dari mesin ke luar asap. Rosberg masih memimpin dan unggul 3,4 detik di depan Button diikuti Kubica, Petrov, Alguesuari, Kovalainen, Schumi dan Sutil. Sementara Vettel dan Hamilton berada di urutan 8 dan 9.



Pada lap 13, Saat Vettel melakukan slip streaming dengan Sutil, Hamilton menyodok dari sisi dalam di tikungan sehingga lolos. Sementara Vettel dan Webber tertahan oleh Sutil.



Pada lap 14, Upaya Vettel melibas Sutil berhasil di tikungan tusuk konde (hairpin). Dengan digiring ke luar, Webber pun ikut menyodok.



Pada lap 16, Hamilton berhasil menyalip Schumi di tikungan hairpin, namun Schumi bisa menyalip lagi di tikungan terakhir dan mem pertahankan posisinya di urutan kelima.



Pada lap 17, Schumi dilibas Hamilton dan satu lap kemudian giliran Vettel menyikatnya. Posisi terdepan masih dipegang Rosberg, Button, Kubica dan Petrov.



Pada lap 19, Button berhasil mengambil alih posisi terdepan di tikungan hairpin. Sebelum itu, Rosberg sempat ke luar trek akibat kehilangan kendali, sehingg jaraknya dengan Button jadi dekat.



Pada lap 20, Webber dan Schumi masuk ganti ban intermediate. Ferrari juga, hanya Alonso harus menunggu di belakang Massa yang lebih dulu ganti. Kemudian diikuti Button, namun ketika masuk trek masih memimpin lomba.



Pada lap 21, Hamilton dan Vettel kembali sama-sama masuk pit. Kali ini Hamilton yang lebih dulu melesat. Tapi, kasus mereka mau senggolan di pit masih di investigasi race Director.



Pada lap 22, Safety car ke luar karena ada serpihan dari mobil Alguesuari yang sempat menabrak mobil di depannya. Kesempatan baik bagi Hamilton dan Vettel untuk bersaing dengan pebalap di depan.



Pada lap 25, Safety car masuk formasi adalah Button, Rosberg, Kubica, Petrov, Schumacher, Webber, Hamilton dan Vettel.



Pada lap 26, Massa menyalip Barrichello di urutan ke-10.



Pada lap 27, Hamilton menyodok Petrov yang ditekan dari sisi dalam di tikungan. Button tetap di depan diikuti Rosberg dan Kubica.



Pada lap 29, Hamilton dengan agresivitasnya berhasil menyusul Kubica di hairpin dan terpaut 4 detik dengan Rosberg.



Pada lap 33, Petrov mengalami understeer di tikungan 8 dan beruntung bisa mengendalikan mobil, sehingga bisa melanjutkan lomba. Namun Alonso dan Vettel diuntungkan.



Pada lap 35, Hamilton coba melewati Rosberg dari sisi luar dan saling susul-menyusul di tikungan rapat dan duel ini dimenangkan Rosberg.



Pada lap 38, Hamilton masuk pit ganti ban intermediate yang kompon lunak. Langkah serupa diikuti Vettel dan Kubica.



Pada lap39, giliran Button masuk pit ganti ban diikuti Rosber. Hanya ketika ke luar pit, Button tetap memimpin sementara Rosber tergeser oleh Hamilton. McLaren 1-2.



Pada lap 42, Button menjaga posisi terdepan dengan unggul 3 detik lebih dari rekan setimnya. Melalui radio, ia sempat menanyakan posisi Hamilton di belakangnya dan hujan tetap turun.



Pada lap 46, Massa berusaha keras menyusul Petrov yang juga menempel ketat Alguesuari. Sementara Alonso berada di urutan keempat.



Pada lap 49, Alonson sudah menempel rapat di belakang Rosberg untuk merebut posisi ketiga.



Pada lap 52, Hamilton bisa lebih cepat dari Button, namun kedua pebalap McLaren menjaga jarak dan Button sempat terlalu melebar di tikungan. kedua mobil McLaren tampak tak stabil di tikungan.



Hasil lomba



1. Button McLaren-Mercedes 1h44:42.163

2. Hamilton McLaren-Mercedes + 1.530

3. Rosberg Mercedes + 9.484

4. Alonso Ferrari + 11.869

5. Kubica Renault + 22.213

6. Vettel Red Bull-Renault + 33.310

7. Petrov Renault + 47.600

8. Webber Red Bull-Renault + 52.172

9. Massa Ferrari + 57.796

10. Schumacher Mercedes + 1:01.749

11. Sutil Force India-Mercedes + 1:02.874

12. Barrichello Williams-Cosworth + 1:03.665

13. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 1:11.416

14. Kovalainen Lotus-Cosworth + 1 lap

15. Hulkenberg Williams-Cosworth + 1 lap

16. Senna HRT-Cosworth + 2 laps

17. Chandhok HRT-Cosworth + 4 laps



Fastest lap: Hamilton, 1:42.061



Pebalap tidak finish

Trulli Lotus-Cosworth 27

Di Grassi Virgin-Cosworth 9

De la Rosa Sauber-Ferrari 8

Buemi Toro Rosso-Ferrari 1

Kobayashi Sauber-Ferrari 1

Liuzzi Force India-Mercedes 1

Glock Virgin-Cosworth 1





Klasemen pebalap Klasemen konstrktor

1. Button 60 1. McLaren-Mercedes 109

2. Rosberg 50 2. Ferrari 90

3. Alonso 49 3. Red Bull-Renault 73

4. Hamilton 49 4. Mercedes 60

5. Vettel 45 5. Renault 46

6. Massa 41 6. Force India-Mercedes 18

7. Kubica 40 7. Williams-Cosworth 6

8. Webber 28 8. Toro Rosso-Ferrari 2

9. Sutil 10

10. Schumacher 10

11. Liuzzi 8

12. Petrov 6

13. Barrichello 5

14. Alguersuari 2

15. Hulkenberg 1



Kompas



Posting Komentar

 
Top