LOS ANGELES, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter yang mengguncang perbatasan Meksiko-AS, Minggu sore (4/4/2010) waktu setempat atau pagi ini WIB terasa dalam cakupan wilayah yang luas di 2 negara. Menurut US Geological Survey (USGS), gempa bumi berpusat pada kedalaman 32,3 kilometer di bawah permukaan bumi dan terletak 26 kilometer selatan Guadalupe Victoria barat daya, Baja California, Meksiko.



USGS menambahkan lokasi pusat gempa terdapat 64 kilometer barat daya San Luis, negara bagian Arizona, AS. Dinas Pemadam Kebakaran Los Angeles menerangkan laporan awal menyebutkan "tidak ada korban cedera atau materi yang signifikan."



Keterangan itu disampaikan setelah Dinas Pemadam Kebakaran Los Angeles merespon adanya lonjakan fungsi pada alarm otomatis serta laporan sejumlah lift yang mengalami gangguan pascagempa. Dinas Pemadam Kebakaran Los Angeles telah melaksanakan pemeriksaan infrastruktur transportasi, bangunan apartemen serta pembangkit listrik dari pantauan darat dan udara untuk memastikan standar keamanan lokasi pascagempa.



Menurut Los Angeles Times, gempa bumi dengan kekuatan dahsyat ini mengguncang sejumlah gedung di Los Angeles, San Diego di California selatan serta Arizona. The Times melaporkan beberapa wahana untuk sementara ditutup di Disneyland.



Sementara laporan Televisi KABC di Los Angeles menyebutkan sejumlah gedung pencakar langit di kota ini dan San Diego sempat bergoyang ke depan dan belakang selama berlangsung gempa. Sejumlah orang terjebak di dalam beberapa lift yang macet di beberapa gedung. Namun, sejauh ini belum terdapat laporan kerusakan serius, pemadaman listrik maupun korban cedera di Los Angeles. (kompas.com)

Posting Komentar

 
Top