Pakar Seksologi Universitas Udayana Prof Dr Wimpie Pangkahila menyarankan suami-istri untuk menyelesaikan sekecil apapun masalah kehidupan seksual. Menurut Prof Wimpie, masalah sepele dalam berhubungan intim pasangan suami-istri dapat mengancam keutuhan rumah tangga jika tidak diselesaikan dengan baik.

"Karenanya, apapun masalah yang muncul terkait seksual itu harus dapat diselesaikan dengan baik, termasuk mengenai kesehatan reproduksi yang adalah sangat penting dalam kehidupan rumah tangga," kata Prof Wimpie di Denpasar Senin (16/11) lalu.



Pada seminar bertema "Kesehatan Reproduksi" yang digelar Dharma Wanita dan PKK Kota Denpasar, ia mengatakan, masalah hubungan suami-istri hendaknya dikomunikasikan dengan baik bersama pasangannya.



"Harus ada keterbukaan dan saling memahami antarpasangan masing-masing," kata Prof Wimpie, disambut tepuk tangan para peserta seminar.



Demikian juga terhadap kesehatan reproduksi harus terus dirawat dengan baik. Jangan membiarkan atau mendiamkan masalah yang timbul dalam kehidupan berumah tangga, karena ini akan dapat mencelakakan.



"Maraknya kasus selingkuh dan perceraian, salah satu penyebabnya adalah gagalnya hubungan seksual yang baik dengan pasangan," ucapnya.



Dikatakan, untuk mengatasi kejenuhan dalam kehidupan seksual ada beberapa hal yang mesti dilakukan, seperti menciptakan variasi dalam berhubungan intim.



"Selain itu pasangan suami-istri harus juga memperhatikan masalah suasana, penampilan, rangsangan serta posisi pada saat melakukan aktivitas seksual," kata guru besar Fakultas Kedokteran Unud itu.



Dia juga memberikan beberapa kiat agar hubungan mesra tetap terjaga dengan pasangan masing-masing, di antaranya penampilan. Penampilan yang baik akan dapat meningkatkan rasa percaya diri.

  • KOMPAS.com

Posting Komentar

 
Top