Di tengah gempuran terhadap aktris dan presenter Luna Maya, dukungan justru datang dari penggemar artis kelahiran Denpasar, Bali, 26 tahun lalu itu. Tak sedikit dari mereka menyuarakan dukungannya baik melalui situs jejaring Facebook maupun komentar di Kompas.com.



Sejak kasus hujatan Luna terhadap infotainment di microblogging Twitter bergulir, ratusan komentar terus mengalir. Dukungan pun terbelah. Tak sedikit yang menyesalkan sikap Luna, tetapi banyak juga yang berpihak kepadanya. Gerakan dukungan terhadap Luna pun kian menguat. Tak hanya dari Lunatic—sebutan untuk para penggemar Luna, tetapi juga masyarakat kebanyakan yang juga gerah dengan suguhan tayangan infotainment.



Gerakan tersebut justru makin menguat ketika bintang film Jakarta Undercover dan Asmara Dua Diana ini diadukan ke pihak berwajib oleh kalangan infotainment dengan pasal berlapis, Kamis (17/12/2009). Luna dianggap melanggar Pasal 27 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan Pasal 45 Ayat 1 (Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers). Tak hanya itu, Pasal 310, 311, 315, dan 335 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik, Fitnah, Penghinaan, dan Perbuatan Tidak Menyenangkan Melalui Lisan dan Tulisan tak ayal dijadikan dasar pelaporan.



Sebelumnya, lewat akunnya (lunmay) di microblogging Twitter, Luna Maya nge-tweet (menulis pesan) yang berbunyi: "Infotemnt derajatnya lebh HINA dr pd PELACUR, PEMBUNUH!!!! may ur soul burn in hell!!..."



Meski tak sedikit yang mencibir ucapan Luna itu, belakangan dukungan terhadap Luna justru kian menguat. Salah satunya datang dari AJI AJI yang menulis: "LUNA BERBICARA JUJUR, TIDAK SEPERTI ARTIS LAIN YANG NGOLOR PADAHAL HATINYA LEBIH JENGKEL DARIPADA SI LUNA. KEBEBASAN BERPENDAPAT SEDANG DIRONGRONG OLEH "WARTAWAN (?)" INFOTAINMENT. BUMERANG UNTUK WARTAWAN SECARA KESELURUHAN. AYO AJI LAWAN PEMBUSUKAN DAN KEBODOHAN DARI DALAM...."



"Yupz wartawan infotainment makin ngelunjak ja tuch, knp ga damai ja tuch?mentang2 da undang2nya makin meraja lela tuch gosip, sampe di paksa2 wawancara lg, ga lht mood apa?? walah bulshit, demokrasi apa an, ga da tuch, emosi dilit ja langsung di laporin, mnk dah ga da kata damai, bisanya main hukum ja, mendingan duitnya buat orang miskin, n mendingan infotainment hapus ja, ga da gunanya, kebanyakan ngeghibah!!!" tulis Me.



Dukungan juga datang lewat akun Facebook milik Luna Maya. "Bwt Luna yg cantik..., agar lebih sabar & bijak aja dlm mnghadapi wrtawan infotaiment," tulis Erie Ratnawati.

  • KOMPAS.com

Posting Komentar

 
Top