Piranti airbag biasanya digunakan di kendaraan roda empat, namun bukan berarti motor pun absen. Honda nampaknya melihat potensi fitur keselamatan ini dengan menerapkan airbag sebagai fitur keselamatan di sepeda motor.



Honda, seperti detikOto kutip dari Autoevolution, Sabtu (7/11/2009), mengaplikasi fitur yang telah mereka kembangkan sejak 2005 silam ini pada Honda Gold Wing.



Fitur ini berguna bagi setiap pengendara roda dua ketika mereka tiba-tiba mengalami insiden di jalan pada kecepatan sekitar 50 km/jam.



Sebab bila kecelakaan itu terjadi di atas kecepatan 50 km/jam, insinyur Honda mengkhawatirkan pengendara tersebut malah akan terpental ketika airbag terbuka

di kecepatan tinggi.



Fitur ini dapat bekerja efektif dengan bantuan sebuah sensor kecepatan dan Electronic Control Unit alias ECU yang membantu kendaraan menentukan kapan waktu yang tepat mengaktifkan fitur tersebut.



Sejak tahun lalu, Honda memang sudah giat mengembangkan dan meriset teknologi ini sebab menurut penelitian mereka, kecelakaan yang terjadi secara frontal telah mengakibatkan banyak korban luka dan bahkan meninggal dunia sehingga piranti perlindungan sudah seharusnya dikembangkan.



Meskipun begitu, Honda memang tidak menjamin sepenuhnya bila kecelakaan motor itu mengakibatkan motor terjepit di bawah truk, misalnya.



Sebab fitur ini memang hanya disiapkan untuk insiden seperti menabrak pembatas jalan, terkena lubang atau terperosok ke selokan atau pun insiden-insiden lainnya.



Namun sayangnya, Honda hanya mengaplikasi sistem ini ke Gold Wing dan belum berpikir mengaplikasinya ke model lain.



Karena bentuk tubuh Gold Wing yang besar dan berat membuat motor ini dianggap paling mumpuni dan dianggap paling sedikit berpotensi membuat para pengendaranya terlempar.



Sumber

Posting Komentar

 
Top