KALIMANTAN Barat bertekad dikenal luas oleh dunia melalui pagelaran akbar Sail Karimata, di Kabupaten Kayong Utara tahun 2016 mendatang.

Even besar ini akan diikuti masyarakat dari belahan dunia seperti Asia, Amerika, Australia dan Eropa.
Even yang akan diselenggarakan pada September 2016 mendatang itupun dimaksudkan, untuk memajukan sektor pariwisata pada potensi kelautan dengan melibatkan para pelayar kapal Yacht dari berbagai negara.

Melalui penyelenggaraan “Sail Karimata” di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimatan Barat berkeinginan untuk dikenal secara internasional.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar Gatot Rudiyono mengatakan sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan “Sail Karimata”, pihaknya mengharapkan kapal Yacht asing dari beberapa negara akan berdampak positif bagi pamor Selat Karimata di mata Internasional.

"Pulau Karimata beserta perairannya selama ini dikenal sebagai wilayah suaka ikan dengan keberadaan bio diversitas," ungkapnya kepada Okezone yang dikutip Nyolong News , Jumat (28/8/2015).
Dijelaskan Gatot Rudiyono meskipun leading sector bagi penyelenggaraan “Sail Karimata” berada pada kementerian kelautan dan perikanan RI, namun pada pelaksanaannya nanti di Kalbar akan melibatkan berbagai unsur.

Termasuk, peranan dinas pariwisata dan ekonomi kreatif provinsi. Mengingat, tujuan awal dari penyelenggaraan “Sail Karimata” adalah sebagai sarana untuk memperkenalkan dan menjual potensi pariwisata.

"Tidak hanya dari segi kelautan, tapi juga potensi lainnya. Sehingga, pihak DKP provinsi Kalimantan Baratpun menilai “Sail Karimata” dapat dirangkaikan dengan berbagai even pariwisata lainnya," jelasnya.

Sementara, pada tahun 2015 ini sebagai tuan rumah penyelenggaraan “Sail Tomini” akan berlangsung di Teluk Tomini, provinsi Sulawesi Tengah.

(Okz/jjs)

Posting Komentar

 
Top